Mp3 recording

Friday, June 8, 2018

China 006 Guilin: Elephant Trunk Hill and Prince's Palace

Guilin
Tujuan: Danau Rong, Elephant Trunk Hill, Prince Palace.

Guilin dikenal orang karena keindahannnya. Banyak penulis cerita terinspirasi karena keindahannya.  Berikut adalah salah satu cerita yg menyinggung tentang Guilin.

Kami menghabiskan 3 hari dan 2 malam di kota ini.

Hari pertama: Danau Rong.

Karena sudah tengah hari kami berkeliling hotel Rong dan explore makanan di sekitar hotel, jalan kaki keliling kota sambil mencicipi makanan di Gang Duomu dan mengamati kebiasaan orang lokal. Pemandangan di Danau Rong bisa dilihat di cerita sebelumnya http://mandarinhobby1.blogspot.com/search/label/China%20004%20Explore%20pemandangan%20di%20sekitar%20Danau%20Rong

Hari kedua: Elephant Trunk Hill

Saat itu adalah bulan Mei tgl 9, 2018 dan kami tidak mengira bahwa itu adalah musim hujan. Hari itu tour di Guilin diselingi hujan dan membuat kami cukup repot karena harus berteduh dan cukup banyak waktu terbuang karenanya. Namun menarik bahwa orang Guilin memakai bukan hanya jas hujan utk menutupi tubuh mereka tapi juga punya selongsong/ jas hujan sepatu. Itu pertama kalinya kami lihat jas hujan utk sepatu...

Ternyata iseng2 cari di toko online Indonesiapun sudah tersedia.... spt  foto berikut yg diambil dari bukalapak.com
Cover Hujan Sepatu XL
foto dari situs bukalapak.com
Hal yang membuat kami kurang suka di sana adalah sulitnya cari toilet. Tidak seperti di Indonesia, setiap toko pasti punya toilet dalam. Nah, di sana rata2 toko tidak punya toilet. Bahkan saat kami membeli roti atau makanan atau minuman dari tokonya karena ingin menumpang ke toilet pun, mereka bilang mereka tidak punya toilet....sehingga saya harus menahan buang air kecil selama beberapa jam!!

Akhirnya tibalah kami ke tujuan Elephant Trunk Hill
Harga tiket Rp.150.000
Sebenarnya Elephant trunk adalah sebuah bukit dengan lubang di tengahnya dan karena lubang tersebut, maka bentuk bukit tersebut menyerupai bentuk belalai gajah.

Karena hari sudah sore dan merasa cukup melihatnya dari luar saja, dan merasa tidak ada kegiatan lain yg menarik di dalamnya kecuali foto dg bukitnya, maka kami memutuskan hanya foto2 di luar tempat wisata dan lembah, di taman dan melihat pagoda kembar dari jauh.

foto yg kami ambil di sekitar Elephant Trunk Hill
Hasil gambar untuk elephant trunk hill
Yg ini foto dari situs lain krn kami ga masuk ke sini. Credit picture: https://www.thousandwonders.net/Elephant+Trunk+Hill
Credit photo: a friend in China

Twin pagoda merupakan pagoda yg melambangkan yin dan yang (dua kekuatan yaitu bulan dan matahari), pada malam hari pagoda bulan akan dihiasi dg lampu putih keperakan dan pagoda matahari dihiasi lampu kuning keemasan. Pengunjung tidak perlu membayar tiket untuk melihat dari luar saja.

Malam hari taman di sekitar elephant hill dihiasi lampu2 berbagai warna... namun hujan membuat perjalanan kami terhambat dan harus berteduh di sebuah gedung yg menjual oleh2. Kami menikmati makan malam di sebuah jalan yg ramai dan saat jalan pulang mampir ke toko oleh2 membeli souvenir.

Hari ketiga: Jingjiang Princes' Palace 靖江王府

靖江=Jing4jiang1 (nama sebuah propinsi di Guilin, Guangxi, China)
王= wang2= raja
府= fu3 = kantor pemerintah

Harga tiket masuk dewasa 120 RMB
Harga tiket anak di bawah umur 18 th 60RMB

Sayangnya di sini tidak bebas mengambil foto, dan video, terutama objek2 di dalam istana, jadi kami tidak terlalu happy karenanya. Dan penjelasan tiap objek di dalam istana dalam bahasa mandarin, jadi tidak terlalu mengerti dan agak membosankan.

Di tempat ini kami juga memasuki bagian istana di mana kami bisa masuk ke gua di dalam tebing batu yg amat tinggi yg disebut sebagai Solitary Beauty Peak yang dindingnya dihiasi tulisan mandarin.

Melihat pahatan di dinding gunung pada posisi amat tinggi jadi ingat film silat di mana tokohnya menulis di dinding sambil terbang dg ilmu meringankan tubuhnya. Benar2 luar biasa!!

Nah trip kami selanjutnya adalah ke YangShuo, letaknya masih di daerah Guilin juga tapi ini lebih naik ke gunung...
Dan pemandangan di Yangshuo benar2 sangat indah...