Mp3 recording

Sunday, June 3, 2018

China 005 Explore makanan di doumu xiang/ gang doumu



EXPLORE MAKANAN DI DOUMU XIANG/ GANG DOUMU 斗姆巷

Sampai hotel kira2 jam 12 siang setelah kira-kira 3 jam lebih lamanya naik bullet train dan naik mobil sewaan menuju hotel, check-in dan explore taman sekitar hotel, akhirnya jam 2 siang kami mulai berburu makanan lokal. 

Namun kelihatannya di sekitar hotel persis tidak terlalu banyak kedai makanan sehingga kami harus berjalan kaki sekitar 750 meter menyusuri jalan yg sangat bersih dan rapi. Sambil berjalan kami mengamati hal2 yg berbeda yg menarik perhatian kami, misalnya mayoritas org di Guilin naik motor dan mobil listrik. Dan ini membuat udara di sini sangat bersih dan bahkan bebas dari polusi suara. Kami harus berhati2 karena tidak mendengar derungan mesin, namun tiba2 ada motor yg melintas.  

Kami terkejut karena jalanan di kota ini bukan hanya disapu bahkan ada mobil khusus untuk menyikat jalanan mobil...sambil disikat disiram air... wah bahkan mereka merancang mobil khusus pembersih jalan. Mayoritas mobil yg melintas adalah mobil produksi mereka sendiri. Sangat jarang terlihat mobil dari negeri lain.

Kami berjalan  menuju Doumu Xiang/ Gang Doumu...setelah memasuki gang tersebut disambut dengan aroma asam dari sup lokal yg diawetkan dalam sebuah guci super besar, tapi kami tidak makan makanan tersebut krn tidak suka baunya. 

Tentu saja makanan di negeri ini mayoritas mengandung pork/ babi...dan makanan dg daging sapi jauh lebih mahal...



Contohnya makanan berikut adalah mie dengan racikan kaki babi, satu porsi seharga 12RMB ( rp 26.400) Tampilan makanannya cantik sekali dan orang2 lokal sangat suka...tapi lidah saya tidak terbiasa...



Dan di bawah ini adalah kedai MAMA WEIDAO dengan menu kuotie rebus...yg ini sih menurut saya enak...sayangnya saat kami mau balik lagi keesokan harinya utk makan kuetienya lagi, kedainya  belum buka karena kami datang terlalu pagi.
Selain enak juga murah, hanya 7 RMB/ Rp.15.400 per 10 buah.



Selain makanan ini kami juga menikmati green tea botolan 1 liter seharga 5RMB (Rp. 11.000).. rasanya ga terlalu manis...jadi cocok dg selera kami.
Kami juga menikmati ayam goreng ala Shihlin...rasa kurang lebih sama.

Kuotie kuah (rasanya yummy juga)






Nama warung di mana kami beli 3 makanan di atas

To be continued to China 006 Guilin: Elephant Trunk Hill and Prince's Palace



No comments:

Post a Comment