Mp3 recording

Monday, May 28, 2018

China001 Persiapan sebelum ke China

Buat rekan2 yg mau ke China...

To do list nya sbb
1. Passpor siap

2. Booking tiket (no. 2 dan 1 boleh terbalik spt yg sy alami asalkan jeda antara tgl terbangnya mencukupi waktu pengurusan passpor, saya terbang 1 tahun sblm pembuatan passpor

3. Booking hotel krn saat apply visa harus menyertakan booking hotel yg sdh dikonfimasi. ( jika tidak pesan hotel maka harus ada undangan yg disertai fotokopi ktp pihak pengundang di China)
format undangan sbb:
hal 1 adalah halaman undangan dan yg diundang.

hal. 2 adalah lembar yg ikut ke China berdasarkan undangan tsb.

4 Buat pas foto sesuai ketentuan pemerintah China. (foto di tempat studio yg biasa urus passpor China agar foto tdk ditolak)

5 Apply visa China.
Download formulir, isi, dan print ukuran A4 ( jangan salah ya...formatnya A4)
lengkapi dokumennya.
Serahkan langsung dg datang ke
Unit 07-12
Lantai gedung 8, East building
Jl. DR IdeAnak Agung Gde Agung Blok.E3.2 Kav.1 Jakarta Selatan 12950
www.visaforchina.org


Kalau udah disetujui maka sudah selesai proses keberangkatan

Oiya...jika dapat tiket murah boleh booking dulu jauh2 hari. Kalau kami beli tiket online hampir 1 tahun di muka...krn penerbangan kami pakai budget airline yg harganya murah.

Jika passpor belum siap, tidak apa2...krn urus passport sekarang prosesnya cepat asal berkasnya komplit. Hanya kurang 1 minggu setelah berkas komplit masuk kantor imigrasi dan interview passport bisa diambil. Namun sebaiknya jangan mepet2 dengan jadwal keberangkatan krn perlu waktu utk urus visa juga.

Banyak yg bilang visa ke China adalah visa yg paling gampang di apply... bahkan pemohon visa ga perlu datang ke sana. Misalnya kepala keluarga bisa mewakili seluruh keluarga.

Tapi yg paling sulit adalah ukuran foto...
Sewaktu ambil pas foto pastikan tidak memakai baju berwarna putih krn background foto harus putih, jadi baju putih tidak akan kontras dg background, harus lepas kacamata, dan aksesoris... dan wajah close up.

Visa juga tidak lama prosesnya hanya beberapa hari, krg dari 1 minggu.

Jika no 1 sd 5 dari to do list di atas sudah siap maka perlu pikirkan juga data internet dan aplikasi yg harus disiapkan.
Jika tidak akan susah banget di sana utk online krn Google, Facebook, Google Play, Whatsapps, Gmail diblokir di sana. And krn saya ga prepare nyesel juga...

Jika ingin tetap gunakan aplikasi2 yg diblokir maka gunakan VPN (harus di install saat masih di Indonesia) dan jika mau naik taxi online, pasang juga aplikasi Didi Chuxing.
Apa itu Didi chuxing...silakan baca di link berikut
http://mandarinhobby1.blogspot.co.id/search?q=Didi+siji

Paket data roaming juga sebaiknya  dibeli di Indonesia agar no hp kita bisa dihubungi oleh kerabat dan rekan bisnis yg ada di Indonesia. Krn paket roaming ini maka nomor telpon Indonesia akan tetap aktif sehingga bisa pesan Didi (taxi online China) dg nomor handphone Indonesia.
Yg mau pakai telkomsel roaming boleh lihat link berikut
Lihat penawaran roaming telkomsel

Tips lain yg berguna adalah install wechat, krn wechat bisa membantu komunikasi kita dg org lokal China dan bhk dg keluarga Indonesia yg pakai aplikasi ini.

Yg berguna lainnya adalah install peta baidu krn jika sampai kita ga bisa pakai google maps, aplikasi ini akan berfungsi sbg gantinya.

To be continued China 002 China 002 Stressnya naik pesawat dg orang2 China daratan


2 comments: