Mp3 recording

Sunday, May 10, 2020

HSK 1 pelajaran 3


HSK 1 pelajaran 3
https://www.youtube.com/watch?v=7ciUIUKoVTQ&t=4s

Hallo, apakah kalian masih ingat karakter 好 di pelajaran 2 yg lalu? 
Pada pelajaran 2 kalian sudah belajar karakter wanita 女。
Sekarang kita akan belajar karakter yg melengkapinya yaitu karakter anak 子。




Lalu dengan menggabung kedua karakter maka jadilah karakter baru 好




Nah...sekarang kita lanjut pelajaran ketiga

Kali ini kita akan mengikuti pembicaraan dari dua orang yg bertemu pertama kali di ruang kelas

X

:
Nǐ hǎo
你好

,
jiào
Mǎlì
玛丽

jiào shénme míngzì
叫 什么 名字

?

Y

:
Nǐ hǎo
你好

jiào
lílí
丽丽

Mǎlì
玛丽

,
shì
lǎoshī
老师
ma

?

X

:
búshì
不是
lǎoshī
老师

,
shì
xuésheng
学生

Y

:
shì
xuésheng
学生

shì
Zhōngguórén
中国人


X

:
shì
Měiguórén
美国人


Sekarang kita akan membaca lagi bacaan di atas dan perhatikan arti dalam bahasa Indonesianya.
X


:
Hallo
Nǐ hǎo
你好


,
aku
dipanggil
jiào
Mary
Mǎlì
玛丽


Engkau
siapa namanya
jiàoshénmemíngzì
叫什么名字


?


Y


:
Hallo
Nǐ hǎo
你好


Aku
dipanggil
jiào
Lili
lílí
丽丽


Mary
Mǎlì
玛丽


,
engkau
adalah
shì
guru
lǎoshī
老师
kah?
ma


?


X


:
Aku
bukanlah
búshì
不是
guru
lǎoshī
老师


,
aku
adalah
shì
murid
xuésheng
学生


Y


:
Aku
juga
adalah
shì
murid
xuésheng
学生


Aku
adalah
shì
Orang Chinese
Zhōngguórén
中国人




X


:
Aku
adalah
shì
orang Amerika
Měiguórén
美国人
Sekarang berlatihnya membacanya dengan nada yang benar. Ikuti pelafalan guru.

Berlatihlah menerjemahkan kalimat2 berikut sesuai pola yg sudah kita pelajari di atas.

Laoshi akan membacakan tiap soal dan cobalah jawab dalam 3 detik, setelah itu  Laoshi akan memberitahukan jawabannya. Cobalah cek apakah kamu berhasil menjawab dengan benar? 

1. Hallo. saya dipanggil Andrew. Siapa namamu?
2. Hallo, saya dipanggil John. Siapa namamu?
3. Hallo, saya dipanggil Mary. Siapa namamu?
4. Hallo, saya dipanggil Lili. Siapa namamu?

5. Mary, apakah kamu guru?
6. Saya bukan guru. Saya murid.
7. Maaf.
8. Tidak apa-apa.

9. John, apakah kamu murid?
10. Saya bukan murid. Saya guru.
11. Maaf.
12. Tidak apa-apa.

13. Andrew adalah orang Amerika
14. Mary juga adalah orang Amerika
15. Lili bukan orang Amerika.

16. Dia adalah orang China.

17. Terima kasih.
18. Tidak usah berterima kasih
19. X: Terima kasih Y: Sama2
20. Sampai jumpa/ Sampai ketemu lagi.


Sampai tahap ini kalian sudah bisa membuat kalimat2 yang sederhana.

Pelajaran 3 ini intinya adalah menghafalkan kosakata baru dalam kalimat

Sementara itu apa yg sudah dipelajari di pelajaran 1 dan 2 adalah sbb:
Coba lihat video dan pasangkan bentuk karakter dan artinya

Jika masih belum hafal putar kembali videonya agar bisa cepat hafal.




No comments:

Post a Comment